Masih banyak orang yang
memahami bahwa Administrasi adalah pekerjaan surat menyurat, pencatatan
informasi, dan pengarsipan, serta aktivitas Tata Usaha. Pemahaman tersebut
sangat sempit. Padahal sesungguhnya Administrasi dalam pengertian yang luas
adalah kegiatan kerjasama yang diakukan oleh sekelompok orang secara teratur
dan terarah berdasarkan pembagian tugas, sesuai dengan kesepakatan bersama yang
telah disetujui sebelumnya, hingga tercapainya tujuan yang diinginkan.
Mengapa pemahaman sempit seperti itu masih banyak terjadi
di lingkungan kita sendiri ?
Jawab :
Menurut saya, kesalahpahaman
terhadap arti administrasi dalam masyarakat dikarenakan kurangnya pemahaman
yang mendalam terhadap istilah administrasi, sebagai akibat dari ‘missing link’, atau terputusnya ‘rantai’
pengetahuan yang sebenarnya tentang administrasi. Hal ini dapat terjadi karena
kurang beredarnya sumber-sumber yang relevan tentang administrasi di dalam
lingkup masyarakat, seperti buku, jurnal, dan sebagainya. Inilah yang membentuk
mindset masyarakat untuk memandang administrasi dari pengertian sempitnya saja.
Media massa pun ‘membantu’ menyempitkan perspektif masyarakat dalam memandang
administrasi, yang akan berakibat pada kesalahpahaman dalam mengartikan
administrasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar